Kamis, 04 Juni 2009

E. BIOTEKNOLOGI PADA PERTANIAN

Di bidang pertanian, bioteknologi memanfaatkan bakteri. Beberapa cara yang ditempuh untuk memanfaatkan bakteri adalah sebagai berikut.

1. Mencari dan mengembangkan jenis bakteri lain yang mempunyai kemampuan sama dengan Rhizobium, memasukkannya ke dalam tanah sehingga bakteri dapat masuk ke dalam akar tanaman polong-polongan.

2. Memodifikasi Rhizobium agar dapat bersimbiosis dengan akar tumbuhan jenis lain.

3. Mengisolasi gen sel Rhizobium yang mampu memfiksasi nitrogen dan menyisipkan ke tanaman budi daya lain.
Pakar rekayasa genetika bakteri memindahkan gen NIF ke dalam bakteri Escherichia coliyang dapat memfiksasi nitrogen. Melalui penyisipan gen tertentu ke dalam bakteri Agrobacterium tumefaciens dan menginokulasikannya ke dalam tumbuhan inang, akan diperoleh tanaman yang dapat memfiksasi nitrogen bebas di udara.
Dalam bidang peternakan dengan membuat vaksin, melalui teknik rekayasa genetika untuk mengurangi tingkat kematian. Di bidang medis bioteknologi juga memanfaatkan mikroba. Misalnya, antibiotika. Hormon steroid kortison dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit artitis.
Jenis Aspergillus dapat mengubah progesteron menjadi senyawa kortison. Juga hormon insulin sangat clibutuhkan bagi penderita kencing manis. Melalui bioteknologi insulin disisipkan ke dalam Escherichia coil sehingga akan menghasilkan insulin yang banyak sesuai yang dikehendaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar